Es cendol

Es Cendol - Didaerah lain seperti di Malang Jawa Timur, Es Cendol ini lebih dikenal sebagai es dawet, ada dawet putih, merah atau hitam tapi juga yang umum yakni warnanya hijau. 
Tapi untuk daerah Jawa Barat lebih dikenal dengan sebutan Es Cendol. Es cendol sebagai bahan utamanya Cendol kemudian dicampur dengan saus gula jawa atau gula merah, Dan rasanya akan lebih enak jika dalam saus gula merahnya dengan campuran santan. Berikut cara membuat Es Cendol istimewa:

Bahan-Bahan Es Cendol


cara membuat es cendol
es cendol
# Siapkan santan sebanyak 500 ml
# Tepung beras 100 gram
# Air yang sudah matang 2 liter
# Pasta pandan 1 sendok
# Air kapur sirih 1 sendok
# Buah nangka
# Es batu 70 gram

Bahan Saus atau Kuahnya

# Gula merah 250 gram
# Santan 500 ml
# air 250 ml
# Daun pandan 1 lebar
# Buah Nangka


Cara membuat es cendol Istimewa


1. Campur bahan-bahan seperti santan, pasta pandan, tepung beras dan air kapur sirih. semuanya dicampur dan dimasak sampai menjadi kental seperti bubur.

2. Siapkan baskom yang sudah diisi dengan air matang serta Es batu. Siapkan juga saringan sebagai cetakan cendol. Tuang adonan bubur tadi kesaringan diatas baskom, nanti akan membentuk seperti cendol dan akan langsung didinginkan di air yang sudah ditambahkan es.

3. Cara membuat saus atau kuahnya. Masak air sampai mendidih dengan air gula jawa serta daun pandan. aduk sampai semuanya menjadi larut ditambah buah nangka. Tambahkan serpihan kelapa yang masih muda kedalam saus gula jawanya.

4. Membuat saus santan es cendol, didihkan santan dan aduk terus agar santan tidak pecah.

Sajikan es cendol dengan dicampur saus gula jawa dan santan yang sudah masak. baca juga resep minuman lainnya seperti Es dung dung yang tidak kalah segarnya juga.