Cara Budidaya Ikan lele Sangkuriang di kolam Terpal

 
Cara Budidaya Ikan lele Sangkuriang di kolam Terpal
Cara Budidaya Ikan lele Sangkuriang di kolam Terpal

Budidaya ikan lele sangkuriang memang lebih mudah dan hasilnya bisa cepat panen dibandingkan jenis lele yang lain namun untuk modal budidaya ikan lele sangkuriang ini sangat besar. Ini ada alternative budidaya lele sangkuriang ala formula kita yang telah dipraktekkan sendiri dan hasilnya sangat menjanjikan yaitu dengan menggunakan kolam terpal di atas tanah. Budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal ini perawatannya jauh lebih mudah praktis dan efisien , bisa menghemat anggaran untuk pembuatan kolam dan mempermudah dalam pengawasan perkembangan ikan lele sangkuriang ini. Sehingga budidaya ikan lele sangkuriang dikolam terpal bisa jadi referensi untuk usaha sampingan kita.
Kolam dalam budidaya ikan lele sangkuriang mempunyai peranan sangat penting sekali, kolam ini nantinya akan menentukan bagaimana kita akan melakukan pemeliharaan ikan lele sangkuriang ini. Semakin tepat cara kita merawat ikan ini semakin cepat kita akan dapat memanen dengan hasil yang memuaskan. Kolam Terpal ini kalau dilihat dari cara pembuatan dan peletakannya ada beberapa macam:


  • ·         Pertama kolam terpal Full diatas tanah
  • ·         Kedua Kolam terpal Setengah ditanam
  • ·         Ketiga kolam terpal full didalam tanah

Dari ketiga jenis kolam diatas mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Disini formula Kita akan berbagi cara membuat kolam terpal full diatas tanah dengan ukuran 3 x 7 meter persegi, bahan bahan yang diperlukan untuk membuat kolam terpal:
Bambu untuk pagar
Pipa paralon untuk pembuangan dan mengontrol ketingian air
Terpal ukuran 6 x 10 meter2
Paku dan kawat
Kapur yang biasa digunakan untuk mengecat pagar
Kotoran sapi / ayam untuk pemupukan kolam

Buat segi empat dengan ukuran lebar 3 x 7 meter kemudian tiap 1 meter dikasih tiang dengan tinggi 1,5 meter. Setelah pagar rapat dan kuat selanjutnya pemasangan terpal, sebelum pemasangan terpal jangan sampai lupa pemasangan pipa paralon yang dibentuk L untuk pembuangan air nantinya dan untuk penempatanya disesuaikan dengan keadaan dan kondisi kolam anda, bias ditaruh di sisi pojok maupun tengah yang penting untuk penggunaannya nanti tidak merepotkan

Setelah selesai pemasangan terpal kemudian kolam dicat pakai kapur diamkan sebentar kemudian terpal dibilas  dan dikeringkan untuk menghilangkan zat zat yang berbahaya yang ada diterpal, zat-zat berbahaya yang dapat mengganggu perkembangan ikan nantinya.

Setelah kering kolam baru di isi air dengan ketinggian lebih kurang 50 cm, masukkan kotoran sapi yang telah disiapka tadi kedalam kolam dan endapkan selama kurang lebih 5 hari. Hal ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan produksi organisme didalam kolam terpal. Yang nantinya organisme itu berguna sebagai persediaan makanan tambahan untuk bibit ikan lele sangkuriang yang kita tebarkan.

Tebarkan bibit ikan lele sangkuriang dengan Formula  1x1 meter persegi 150 ekor , insyaAllah dalam 2 bulan ikan lele sudah bisa kita panen.

Ikan lele sangkuriang ini mempunyai keunggulan tahan penyakit dan dalam bertelur bisa sampai 6000 buah satu indukan sedang kalau lele  Dumbo Cuma sekitar 4000 buah.
Untuk penggunaan pakan bisa kita tekan dengan penggunaan kotoran sapi tadi dan dengan  masa panen yang relative lebih cepat sekitar 2-3 bulan saja

Semoga Bermanfaat