Pantai balekambang

Pantai Balekambang
Formulakita || Pantai Balekambang pasti orang banyak yang tau karena pantai balekambang ini pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun wisata mancanegara.
Pantai balekambang masih tetap menjadi primadona tujuan wisata pantain di malang, biarpun sekarang telah bermunculan tempat tempat wisata pantai yang ada di jalur lintas selatan ini seperti, Pantai Nganteb, pantai ngudel, pantai bengkung, pantai Gua Cina pantai sendang biru , pantai sendiki dan masih banyak lagi.
Setiap pantai di malang mempunyai keunikan tersendiri. Pantai Balekambang mempunyai 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu  Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni.
Pantai Balekambang
Disalah satu pulau ini yaitu tepatnya di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah Pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati yang masih terawat dengan sangat baik. Dengan adanya Pura ini tempat ini biasa disebut sebagai Tanah Lot 2.
di Pantai Balekambang ini setiap bulan Suro digelar upacara Surohan dan upacara Jalanidha Puja oleh para penganut agama hindu yang berada di sekitar wilayah Malang bahkan tak jarang dari daerah lain juga ikut hadir untuk melakukan ritual.
Sekarang setelah dibukanya Jalur Lintas Selatan atau biasa disingkat JLS oleh warga sekitar wisatawan yang datang semakin ramai di setiap hari libur karena aksesnya semakin mudah. yang mana jalur JLS ini menghubungkan pantai pantai dikawasan malang selatan ini. Akses menuju pantai balekambang ini masuknya sekarang bisa dari tiga jalur utama yaitu bisa lewat timur yaitu lewat  jalur Turen - ke Sumber manjing, jalur tengah lewat Gondanglegi - Bantur dan yang jalur ke tiga ini agak jauh rutenya yaitu jalur kepanjen Bantur lewat Pagak.
Baca juga : Pantai Sendiki pantai yang memiliki keunikan tersendiri