Cara Menghemat Baterai android



cara menghemat baterai
cara menghemat baterai
Cara Menghemat Baterai android ala Formula kita. Pengguna Android pasti tidak asing lagi dengan borosnya pemakaian baterai digadgetnya, Pengguna android pasti sering merasa kurang nyaman ketika diperjalanan tiba-tiba baterainya low bat. Ini ada trik untuk menghemat baterai android  ala Formulakita  tapi sebelum kita melakukan langkah-langkah menghemat baterai ini kita harus tau aplikasi-aplikasi android mana yang sangat menguras pemakaian baterai kita. Cara mengecek pemakaian baterai android dengan cara masuk kepengaturan.. klik ..baterai…trus pengunaan baterai maka disitu tertera aplikasi android mana yang sedang jalan. Klo sudah kita ketahui aplikasi yang berjalan, baru kita mulai langkah langkah cara menghemat baterai:.

baca juga: cara merubah ukuran foto

1.     Kecerahan layar

Kecerahan layar ini juga sangat memakan energy baterai android kita. Atur serendah mungkin yang penting dalam pengunaannya kita masih terasa nyaman.
Jangan menggunakan fitur auto brightness karena mode ini juga menggunakan pemakaian baterai lebih. Atur secara manual aja untuk kecerahan layar ini. Pemakaian kecerahan yang berlebih akan sangat boros baterai terlebih kalau layar android kita tergolong yang lebar. Layar android ini termasuk pemakaian terbesar baterai android kita.

2.     Pemakaian wallpaper hitam

Pemakaian wallpaper hitam ini juga akan menggurangi penggunaan baterai kita. Karena warna yang terang akan membutuhkan pencahayaan lebih dilayar android kita terlebih dilayar android jenis AMOLED

3.     Matikan Fitur Pintar

Fitur pintar yang tertanam di android ini juga membutuhkan daya lebih untuk menjalankannya. Fitur pintar ini seperti auto rotation ( rotasi automatis )

4.     Matikan Wifi , GPS atau mungkin Paket data

cara menghemat baterai
cara menghemat baterai
Matikan wifi jika tidak digunakan, begitu juga gps yang ada di android karena gps ini juga membutuhkan daya baterai. Tapi mungkin yang satu ini agak berat kita lakukan yaitu mematikan paket data. Paket data ini memang sangat menguras daya baterai android kita terlebih di daerah yang sinyalnya kurang bagus. Dan kalau paket data dimatikan kita tidak bisa connect dengan teman-teman di sosmed kita tapi itu harus kita lakukan biar baterai kita awet.

5.     Atur Waktu Tidur Layar

Atur waktu tidur layar ini secepat mungkin karena dengan secepat mungkin layar redup pemakaian baterai kita akan berkurang, atur yang 15 second itumungkin jauh lebih baik
Idealnya semakin lama layar android kita semakin besar tenaga baterai kita yang dipakai.

6.     Matikan Mode Getar

Karena mode getar ini sangat menguras pemakaian baterai kita. Untuk mengetarkan motor elektrik ini berulang kali pasti butuh energy lebih besar terlebih kalo kita aktif sms atau chatingan setiap kali ada sms masuk pasti bergetar. Wah bisa cepat terkuras daya baterainya

7.     Kurangi Widget

Kurangi widget yang terconeksi dengan internet seperti widget cuaca , widget ini yang selalu upded tiap menitnya, atau juga widget home yang terus tersingkronisasi dengan internet seperti G+, facebok, whatsapp atau masih banyak lainnya

cara menghemat baterai
cara menghemat baterai

8.     Gunakan Pemberitahuan layar kunci

Pemberitahuan layar kunci ini akan menghemat pemakaian baterai android kita karena kita tidak usah masuk ke aplikasi untuk melihat pemberitahuan yang masuk. Kita bisa memilah pemberitahuan mana yang penting dan tidak untuk ditindak lanjuti

9.     Gunakan Modus Hemat Baterai

Dengan mengunakan fitur penghemat baterai ini secara automatis perangkat kita akan mengatur penggunaan aplikasimana yang tidak diperlukan dan mematikannya sehingga penggunaan batrei lebih tahan lama.

10.  Jangan terlalu menggunakan Ponsel

Gunakan ponsel seperlunya saja, jangan sering-sering membuka ponsel mungkin terlihat aneh ya tapi in penting karena kadang kita Cuma iseng lihat-lihat ada sms atau pemberitahuan yang tidak penting itu juga membutuhkan daya baterai untuk menyalakan layar.


Baca juga: Cara Mendapatkan Dollar gratis dari internet

Ini langkah-langkah atau cara menghemat baterai android ala formulakita mungkin teman teman punya masukan lainnya silahkan berkomentar untuk melengkapinya.
Semoga bermanfaat